ANEKA RESEP DAN CARA MEMBUAT SATE VARIASI

gambar sate, wikipedia
Sate - Siapa yang tak suka dengan salah satu kuliner Indonesia yang satu ini, sekali orang mencoba, pasti akan ketagihan, bahkan Presiden Amerika Barack Obama mengakui kelezatan dari sate ini. daging-daging yang ditusuk, diberi bumbu dan dipanggang dengan menggunakan arang adalah cara memasak yang khas. Lalu disiram dengan menggunakan bumbu sate yang sangat lezat, menjadikan orang yang memakannya mau lagi dan lagi. Sebenarnya inti dari sate-sate di Indonesia adalah sama, yaitu daging yang ditusuk dan dibakar, yang membedakan adalah bumbu untuk menyiram sate setelah matang, di Indonesia terdapat berbagai macam bumbu-bumbu sate, berikut ini adalah beberapa resep bumbu dan cara memasak sate.

SATE MADURA
Sate Madura merupakan sate khas Madura. Sate Madura banyak yang terbuat dari daging ayam. Rasa dari sate madura ini, sedikit berbeda dengan sate-sate yang lain.

Bahan Bumbu Kacang Sate Madura:

- 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
- 500 ml air
- 100 ml kecap manis
- 4 siung bawang putih dihaluskan
- 5 butir bawang merah dihaluskan
- garam secukupnya
- merica bubuk secukupnya
- 2 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
- 2 buah cabai merah dihaluskan, sesuai selera

Cara Membuat Sate Madura :

1. Potong-potong daging dengan bentuk dadu (takaran untuk ½ kg daging ayam, kombinasi dengan lemak atau gajih jika suka) lalu tusuk daging dengan tusukan sate dan dirapikan.

2. Masak bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan kecap manis, air, garam, daun jeruk dan merica hingga mendidih dan matang lalu Sisihkan.

3. Ambil bumbu tersebut secukupnya lalu campurkan lagi dengan kecap manis. Setelah rata, lumuri pada permukaan daging, diamkan sebentar agar lebih meresap. Bakar sate dengan sesekali diolesi sisa bumbu olesan dan sesekali juga dibolak-balik agar matang merata.

4. Siram sate dengan bumbu kacang yang disisihkan tadi, sajikan dengan dilengkapi tomat, irisan bawang merah dan air jeruk limau supaya lebih mantap.


SATE SAMBAL KECAP
Sate yang satu ini tentu rasanya sangat bergantung pada kecap yang digunakan.

Bahan Bumbu Sate Sambal Kecap :

- 10 butir bawang merah iris-iris sampai halus
- 15 buah cabe rawit iris-iris sampai halus
- 5 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok makan air jeruk nipis
- Bahan olesan :
- 100 ml kecap manis
- 10 butir bawang merah iris-iris sampai halus
- 5 lembar daun jeruk iris-iris sampai halus
- 1 sendok makan merica bubuk
- 2 sendok makan perasan air jeruk nipis

Cara Membuat Sate Sambal Kecap :
1. Caranya sama dengan cara membuat sate madura di atas, yaitu potong-potong daging menjadi kotak kotak kecil dan ditusuk dengan tusukan sate, setelah itu daging diolesi dengan bahan olesan lalu bakar sambil sesekali diolesi sampai matang merata.

2. Campur semua bahan bumbu kecap lalu siram sate dengan sambal kecap tersebut, dan sae bumbu kecap pun siap untuk di sajikan dengan dilengkapi irisan daun kol dan tomat segar serta taburan bawang merah goreng membuatnya semakin mantap.

SATE BUMBU SANTAN
Tidak seperti sate-sate lainnya yang menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya, sedangkan sate yang satu ini menggunakan bumbu santan

Bahan Sate Bumbu Santan :

- 600 ml santan dari 1 buah kelapa
- ½ kg daging dipotong kotak-kotak kecil
- 2 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 1 sendok makan air asam jawa
- 2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh ketumbar bubuk
- ½ sendok teh garam
- 3 cm jahe, memarkan
- 5 cm lengkuas, memarkan
- 6 butir bawang merah dihaluskan
- 3 siung bawang putih dihaluskan
- 2 buah cabai merah, buang bijinya lalu haluskan
minyak secukupnya untuk menumis.

Cara Membuat Sate Bumbu Santan :
1. Pertama panaskan minyak, lalu tumis bawang merah, cabai merah, serai, jahe, bawang putih, daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga matang. jika sudah Masukan daging, gula pasir, ketumbar bubuk, garam, aduk rata, dan masak hingga bumbu meresap.

2. Masukkan santan dan air asam, aduk rata, masak kembali hingga mengental. Angkat daging dan dinginkan. Tusuk daging dan rapikan menggunakan tusuk sate, lalu bakar hingga mengering dan matang. Angkat dan sajikan dengan siraman bumbu yang masih tersisa.


SATE MARANGGI
Sate Maranggi merupakan kuliner sate khas dari Purwakarta, Jawa Barat biasanya terbuat dari daging kambing atau sapi. Namun ada juga yang berpendapat bahwa sate maranggi asalnya dari Cianjur.

Bahan Untuk Membuat Sate Maranggi :

- 500 gram daging sapi bagian sandung lamur, potong dadu
- 50 gram lengkuas muda, parut
- 50 gram jahe, parut
- 50 gram margarin
- 25 gram ketumbar, tumbuk hingga halus
- 3 sdm kecap inggris atau kecap asin
- 8 sdm kecap manis
- garam dan merica bubuk secukupnya


Cara Membuat Sate Maranggi:

1. Siram potongan daging dengan bumbu selain margarin, biarkan selama 1 jam agar bumbu meresap. Susun potongan daging tersebut pada tusuk sate.

2. Bakar dengan diolesi margarin hingga matang merata, siram dengan sambal kecap, dan sate maranggi siap untuk disajikan dan disantap bersama..
Pesan: Jangan lupakan satu bumbu terpenting dalam memasak, yaitu Cinta :-)

PERHATIAN
Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul ANEKA RESEP DAN CARA MEMBUAT SATE VARIASI. Silahkan artikel ini disebarluaskan jika menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link http://senng.blogspot.com/2015/05/aneka-resep-bumbu-sate.html sebagai sumbernya. Karena situs ini telah dilindungi oleh DMCA Protection.Terimakasih atas pengertianya, sukses selalu :-)

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More