RESEP DAN CARA MEMBUAT RENDANG SAPI KHAS PADANG


Cara Membuat Rendang - Rendang adalah salah satu kuliner terbaik yang di miliki oleh Indonesia, rasanya yang pedas dari cabe dan agak panas dari jahenya sangat cocok disantap saat musim hujan seperti ini, yang membuat masakan Rendang ini sangat maknyus adalah bumbunya yang kaya akan rempah-rempah yang berasal dari Indonesia, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat kuliner Rendang tersebut, hal itu tentu sepadan dengan rasanya yang luar biasa.

 Tahukah anda, rendang pernah dinobatkan sebagai juara 1 dalam World's 50 Most Delicious Foods(50 makanan yang paling lezat di dunia), wow keren kan. Rendang bin Randang ini berasal dari Minangkabau Sumatera Barat, tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi Randang juga terkenal kawasan asia tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan lain-lain.

Makanan ini bisa anda temukan pada Rumah Makan Padang yang sudah banyak bermunculan sekarang ini, tetapi anda juga bisa membuatnya sendiri, berikut ini adalah resep dan cara membuat Rendang/Randang sapi dari padang :

Bahan-bahan 

- 1 Kg Daging Sapi (rendah lemak lebih baik), potong-potong sesuai dengan kebutuhan dan cuci sampai bersih.

- 3 butir kelapa yang tua, parut dan peras supaya menjadi santan.


Bumbu-bumbu 

- 10 Siung bawang putih

- 20 Siung bawang merah

- 1 Ons Cabai merah yang telah digiling sampai halus

- 1 Sdt Merica Bubuk

- 2 Ruas Jahe, cuci dengan air sampai bersih.


Bumbu-bumbu Tambahan
   
- 15 buah bawang merah

- 6 siung bawang putih

- 1 ons cabai merah

- 3 cm laos, keprak sampai halus

- 2 cm jahe 
  

Cara Membuat Daging Rendang 

1. Pertama potong kembali daging tersebut yang sudah dicuci.

2. rebus santan bersamaan dengan bumbu-bumbu yang sudah diolah tadi, dan tambahkan dedaunan juga asam kandis (tidak wajib).

3. Aduk-aduk  dengan gerakan menimba secara terus-menerus supaya santan merata dan tidak pecah

4. Apabila rebusan bumbu dan santan telah mengeluarkan minyak, masukkan daging yang telah terpotong tadi ke dalam rebusan bumbu dan santan. 

5. Aduk terus agar air santan meresap ke dalam daging sapi, untuk apinya dengan menggunakan api kecil saja. 

6. Terus aduk hingga daging sapinya berwarna kecoklatan, proses pembuatan rendang padang sapi telah selesai dan siap disajikan.


Tips memasak: 

- Supaya daging empuk: Potong daging dengan tipis setelah itu dikeprak agar bumbu mudah meresap dan daging menjadi cepat matang.

- Agar santan tidak pecah: Santan jangan didiamkan saat tidak diaduk, karena hal ini dapat membuat santan menjadi pecah dan resep ini mungkin tidak berhasil.


Saya kira cukup sekian Resep Randang Sapi dari Padang, semoga berhasil dalam memasaknya, dan bisa bermanfaat untuk yang sudah membaca resep ini.

Pesan: Jangan lupakan satu bumbu terpenting dalam memasak, yaitu Cinta :-)

PERHATIAN
Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul RESEP DAN CARA MEMBUAT RENDANG SAPI KHAS PADANG. Silahkan artikel ini disebarluaskan jika menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link http://senng.blogspot.com/2015/01/resep-rendang.html sebagai sumbernya. Karena situs ini telah dilindungi oleh DMCA Protection.Terimakasih atas pengertianya, sukses selalu :-)

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More